-->
Selamat datang di website www.imamkunblog.com - Tempat Sharing Tips Trik Android, Komputer, Internet dll

Penyebab dan Cara Mengatasi Pembatasan Iklan oleh Adsense di Blogger

Penyebab  dan Cara Mengatasi  Pembatasan Iklan oleh  Adsense  di  Blogger



Penyebab  dan cara mengatasi  pembatasan iklan oleh  adsense  di  blogger - Istilah pembatasan iklan sendiri merupakan kebijakan baru yang dibuat oleh Google pada akhir tahun 2019 dengan tujuan untuk melindungi para pengiklan, penayang dan pengguna dari penipuan serta pengalaman iklan yang buruk. Apabila situs anda terbukti melanggar kebijakan yang telah diberlakukan Google, maka bersiaplah untuk menerima sanksi berupa pembatasan iklan pada akun Adsense anda.

 

beberapa hari yang lalu, blog ini mendapatkan kiriman email dari Google Adsense. Sudah bukan menjadi pembicaraan umum  di  kalangan publisher bahwa hal yang sangat membahagiakan bagi seorang Blogger adalah disetujui menjadi publisher Adsense dan sebaliknya hal yang sangat menyebalkan bagi mereka adalah mengalami penayangan iklan Adsense sedang dibatasi.

 

Jika akun Adsense anda telah terkena pembatasan iklan maka hal ini akan menyebabkan tayangan iklan Adsense pada situs yang semula tampil menjadi tidak muncul sama sekali tidak muncul tayangan iklan menjadi blank sehingga hanya akan menunjukan kondisi opening iklan kosong pada situs anda.

 

 Baca Juga: Membuat Blog Dari Awal hingga Mahir dengan Mudah!

 

Sedangkan jika anda berlarut-larut membiarkan kondisi iklan Adsense dalam keadaan clear pada situs anda. Maka hal tersebut tentu akan berakibat buruk pada penghasilan anda, karena tayangan iklan menurun dan tidak adanya lalu lintas klik iklan yang terjadi seperti sebelum terkena pembatasan iklan.

 

Cara Mengetahui Iklan AdSense Sedang Dibatasi

 

Untuk mengidentifikasi apakah akun Adsense anda terkena pembatasan atau tidak adalah dengan melihat notif atau email Adsense anda. Biasanya pada akun Adsense terdapat notifikasi merah yang berbunyi "Jumlah iklan yang dapat anda tampilkan telah dibatasi. Buka Pusat kebijakan untuk melihat detailnya".

 

Perlu anda ketahui, jika anda tidak mendapatkan notif atau email khusus terkait pembatasan iklan dari Google Adsense maka dapat dipastikan hal tersebut bukanlah sebuah pembatasan iklan.

 

Terkadang beberapa iklan Adsense yang clear tidak serta merta terkena pembatasan iklan. Melainkan ada alasan atau penyebab lain kenapa iklan Adsense anda tidak dapat ditampilkan meskipun sebenarnya anda tidak terkena pembatasan iklan. Hal itu bisa saja muncul dari kesalahan pemasangan content LazyLoad iklan Adsense pada situs anda.

 

Awal Mula Penayangan Iklan Dibatasi Oleh AdSense

 

Saya ingin sedikit bercerita mengenai pengalaman saya menyelesaikan pembatasan iklan ini. Blog yang anda baca saat ini secara resmi di publisher oleh AdSense pada tanggal 28 Oktober 2020 dan terkena pembatasan mulai tanggal 04 November 2020. Bayangkan hanya berselang 8 hari akun Adsense saya telah dibatasi oleh Adsense.

 

Pembatasan iklan Adsense pada situs ini murni bukan merupakan kesalahan saya karena satu hari sebelumnya tepatnya tanggal 03 Desember 2020, situs ini mendapatkan serangan bom klik bertubi-tubi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Kemudian ketika saya melakukan cek pada dashboard Adsense, seketika itu juga saya terkaget sekaligus terkagum karena terdapat hampir sejumlah 300 klik dalam akun Adsense milik saya. Dengan klik sebanyak itu saya mendapatkan procuring sebanyak 600 ribu lebih hanya dalam satu kali waktu atau sehari saja.

 

Pada awalnya saya merasa senang dan bahagia tapi ternyata kesenangan tersebut tidaklah bertahan lama karena keesokan harinya saya mendapatkan notif beserta email pembatasan dari Google Adsense. Notif tersebut menyatakan bahwa situs saya mengalami "Invalid Traffic atau Trafik Tidak Valid". Dan seketika itu pula iklan Adsense pada situs ini berhenti menayangkan iklannya.

 

Pembatasan iklan yang saya alami ini berlangsung sekitar 1 bulan lebih dan pembatasan iklan ini tidak hanya datang sekali tetapi sampai dengan tiga kali akun Adsense saya dibatasi oleh Google Adsense.

 

Penyebab Penayangan Iklan Dibatasi Oleh Adsense

 

Jika kita mengacu pada kebijakan yang ditetapkan Google Adsense terkait pembatasan iklan ini maka terdapat 2 alasan yang berlaku mengapa situs anda terkena pembatasan iklan. Alasan pertama adalah karena akun Adsense masih dalam penilaian dan alasan kedua adalah karena adanya traffic tidak substantial.

 

Disadari atau tidak, ketika anda mengalami pembatasan iklan Adsense maka yang terjadi sebenarnya adalah anda telah melanggar kebijakan Adsense itu sendiri tetapi anda tidak menyadari hal itu. Sementara itu Google dapat memantau lalu lintas pengunjung anda yang menurutnya tidak wajar dan dianggap manipulatif sehingga dapat merugikan pihak pengiklan. Berikut penjabaran lebih lanjut mengenai penyebab tayangan iklan Adsense dibatasi.

 

Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya pembatasan Iklan Google Adsense ini adalah sebagai berikut :

 

1. Masalah Traffic Tidak Valid  (Traffic tidak asli )

 

Apa itu traffic tidak substantial? Traffic yang tidak jelas keaslian asalnya maksudnya adalah berbagai bentuk tindakan (klik/penayangan) iklan yang tidak wajar. Hal ini dapat terjadi apabila pengguna mengklik iklan sendiri secara sengaja atau berulang-ulang. Hal ini tentunya memberi dampak yang buruk terhadap masa depan Adsense anda. Selengkapnya dapat anda pelajari di sini

 

Namun, apabila anda merasa bahwa traffic yang tidak substantial ini terjadi bukan karena kesalahan anda, melainkan ada orang atau pihak ketiga yang sengaja melakukan ini, anda dapat melaporkan masalahnya di sini

 

Hal ini termasuk seperti kasus saya yang terkena pembatasan yang disebabkan oleh bom klik iklan dari oknum Blogger yang tidak bertanggung jawab.

 

Masalah traffic tidak legitimate menjadi salah satu alasan yang sering muncul dikalangan Blogger terkait pembatasan iklan Adsense yang mereka alami. Google mencurigai adanya lalu lintas traffic yang tidak wajar pada situs anda. Beberapa indikator sitem Google traffic tidak legitimate terhadap situs anda meliputi:

 

(Menggunakan  social media dengan menggunakan iklan berbayar seperti facebook ads, google ads secara masif sehingga mendapatkan klik dari user social media secara sengaja)

 

 


(Klik iklan secara berulang-ulang dalam satu kali waktu)

 

 

2. Menyuruh orang lain untuk mengklik iklan

 

Bagi para pemula mungkin hal ini pernah terjadi, yakni menyuruh teman, saudara atau orang-orang terdekat untuk mengklik iklan pada blognya. Saat ini Google Adsense sudah sangat pintar. Jadi jangan mencoba menipu Google Adsense dengan cara apapun itu. Biarkanlah iklan pada blog kita diklik berdasarkan keinginan pengunjung sendiri, tidak ada paksaan.

 

3. Menggunakan robot/programming atau bot traffic otomatis

 

Banyak oknum pihak ketiga yang menawarkan robot dan programming untuk meningkatkan penghasilan atau sumber traffic otomatis. Hal ini juga merupakan tindakan yang sangat dilarang oleh Google Adsense dalam bekerja sama. Jadi apabila anda pernah melakukan kerja sama seperti di atas, silahkan ditinggalkan. Jangan coba-coba untuk mengelabui aturan Google Adsense. Seperti adanya Jingling yang merupakan salah satu contoh traffic bot yang digunakan menginject Blog yang menjadi sasarannya.

 



 

4. Akun Sedang Dinilai  atau dipantau traffiknya

 

Apa maksudnya akun sedang dinilai dan dipantau trafficnya? Google secara langsung memantau kualitas traffic situs untuk mendapatkan informasi dari mana sebenarnya traffic situs anda berasal. Jika ditemukan traffic yang dirasa tidak wajar misalnya guest terbanyak berasal dari pengunjung non organik maka bisa saja akun Adsense anda lambat laun akan terkena pembatasan untuk sementara waktu.

 

Google akan terus meninjau atau mengawasi kualitas traffic yang dihasilkan oleh situs anda dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Biasanya pembatasan iklan dengan alasan "Akun Sedang Dinilai" sering kali terjadi pada akun Adsense yang baru dibuat. Tetapi yang perlu diingat adalah hal ini tidaklah selalu bersifat mutlak.

 

Ketika ada orang yang melakukan bom klik iklan secara bertubi-tubi pada situs anda maka bersiaplah untuk terkena pembatasan iklan.

 

(Klik iklan sendiri dengan disengaja atau tidak disengaja)

 

Seperti yang kita tahu, melakukan klik iklan sendiri sudah pasti melanggar kebijakan yang dibuat oleh Google. Pihak mereka tentu akan mencurigai IP pemilik akun yang melakukan klik iklan sendiri secara berulang-ulang dengan disengaja maupun tidak disengaja.

 

(Menggunakan content auto klik iklan, skimming promotions dan auto guest; pengunjung)

 

Kegiatan memanipulasi traffic seperti penggunaan bot guest merupakan sebuah pelanggaran kebijakan.

 

Sementara itu memasang content iklan yang bersifat auto klik atau skimming promotions tentu saja juga melanggar kebijakan Google Adsense.

 

Hal ini berlaku, karena hanya akan merugikan pengunjung juga para pengiklan karena jangkauan konsumen mereka tidak dapat terpenuhi sesuai dengan apa yang telah ditargetkan.

 

(Menggunakan kalimat bujukan yang bersifat persuasif)

 

Kalimat persuasif digunakan dengan tujuan agar pengunjung terpengaruh untuk melakukan klik iklan pada situs anda. Hal tersebut juga tidak diperbolehkan oleh kebijakan Google Adsense karena dianggap menipu pengunjung situs.

 

Sebaiknya anda memasang iklan Adsense sesuai dengan aturan serta kebijakan yang diberlakukan oleh Google Adsense.

 

Perlu anda pahami sejak awal bahwa pembatasan iklan Adsense bukanlah sebuah prohibited melainkan sanksi sementara yang diterapkan berdasarkan algoritma Google Adsense terhadap situs anda dengan cara mencabut tayangan iklan untuk sementara waktu.

 

Anda tetap bisa mengakses akun Adsense seperti sebelumnya hanya saja disini iklan tidak akan ditayangkan sebelum permasalahan situs dianggap selesai oleh Google Adsense.


Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

 

Berdasarkan pengalaman yang telah saya alami selama terkena pembatasan iklan oleh Adsense. Saya menemukan sebuah pola tersendiri untuk mengatasi permasalahan ini.

 

Namun cara yang saya share kali ini tidak bersifat mutlak dan pasti berhasil untuk diterapkan pada pembatasan yang anda alami saat ini.

 

Pada beberapa kasus, pembatasan dapat hilang dalam waktu singkat dan sebaliknya dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama bahkan dalam jangka berbulan-bulan.

 

Perlu saya tekankan bahwa saya bukanlah orang yang dapat memberikan jaminan serta kepastian pada anda mengingat pihak Google sendiri hanya memberikan beberapa petunjuk singkat untuk menebas kasus pembatasan iklan ini, selebihnya kita sebagai Blogger harus menerjemahkan petunjuk yang diberikan sekaligus melakukan eksperimen untuk menghilangkan pembatasan iklan tersebut.

 


 

Oke baiklah, silakan simak Trik Trik menghadapi Pembatasan Iklan Adsense berikut:

 

1. Mengatasi Akun Sedang Dinilai

 

Jika alasan pembatasan iklan dikarenakan akun sedang dinilai? Maka cara mengatasinya cukup mudah yaitu anda hanya perlu memperbarui konten situs anda dengan konsisten. Membuat postingan yang unik, new serta berkualitas akan mempercepat situs anda terbebas dari hukuman ini.

 

Jika anda tidak mempunyai ide untuk membuat artikel setiap harinya maka anda dapat memulai dengan hal-hal kecil seperti mengupdate konten lama yang telah usang menjadi lebih baik lagi.

 

Pada period algoritma terbaru, Google cenderung menyukai situs-situs yang aktif dalam memperbarui konten-kontennya sekalipun itu merupakan sebuah konten yang lama dipublikasikan. Selain itu konten lama yang diperbarui dengan lebih unik, new dan berkualitas dapat berpotensi bersaing di SERP Google. Pihak Google ingin memastikan bahwa anda benar-benar serius untuk menjalin kerjasama dengan mereka.

 

Namun pastikan juga ketika memperbarui konten situs, anda tidak melanggar peraturan dan kebijakan yang dibuat oleh Google.

 

2. Mengatasi Traffic Tidak Valid

 

Apa yang harus dilakukan ketika pembatasan iklan disebabkan oleh traffic yang tidak substantial? Jika anda mendapatkan alasan yang seperti itu maka yang harus anda lakukan adalah cukup memperbaiki lalu lintas traffic situs anda.

 

Perhatikan sumber traffic situs anda berasal dari mana? Pada kebanyakan kasus invalid traffic terjadi ketika situs anda mendapatkan trafik dari situs-situs bot ilegal atau auto guest yang banyak beredar di web.

 

Entah anda sengaja atau tidak yang jelas situs penambah guest seperti itu tidak diperbolehkan oleh Google karena dianggap

 

Email tersebut memberitahu bahwa penayangan iklan pada blog ini untuk sementara harus dibatasi. Hal ini dikarenakan oleh adanya traffic yang tidak substantial.

 

3. Terus meng-update artikel setiap hari

 

Masalah utama terjadinya pembatasan iklan adalah sumber traffic yang tidak jelas/bermasalah. Dengan demikian anda harus membangun traffic dengan cara tetap fokus mengupdate artikel terbaik. Jangan khawatir terkait pembatasan iklan, tetap update artikel-artikel terbaik untuk mendapatkan pengunjung yang murni.

 

4. Offer dan share artikel anda ke media sosial

 

Setelah anda membuat artikel terbaik, silahkan bagikan tulisan-tulisan anda di media sosial yang anda punya. Hal ini cukup untuk membantu blog anda untuk mendapatkan pengunjung. Offer tulisan anda ke facebook, twitter, instagram, google+ dan sebagainya.

 

Namun perlu diperhatikan bahwa sumber traffic terbaik adalah dari mesin pencarian google langsung. Silahkan share artikel anda secukupnya, jangan sampai spam. Buat tulisan semenarik mungkin dan berguna bagi para pembaca.

 

5. Iklan Adsense blog anda hanya dibatasi bukan dihentikan

 

Perlu diperhatikan bahwa penayangan iklan pada blog anda hanya dibatasi, bukan dihentikan sepenuhnya. Pada poin ini mungkin banyak orang yang salah memahami hal tersebut. Sekali lagi, bahwa jumlah penayangan iklan di blog anda hanya dibatasi. Selagi itu tim Google Adsense akan meninjau blog anda.

 

6. Mengganti layout blog

 

Pada masa peninjauan, format blog ini sempat saya ganti. Namun penulis tidak dapat memastikan apakah ada pengaruh antara permasalahan di atas dengan mengganti layout blog.

 



 

Kesimpulan :

 

1. Memastikan  Semua Artikel Terbebas dari Pelanggaran dan diupdate minimal 1 artikel 

 

Ini memang sangat sulit namun harus dilakukan, coba tinjau ulang semua artikel yang kemungkinan terindikasi adanya pelanggaran. Dalam hal ini tentunya penayang wajib mengetahui jenis-jenis pelanggaran kebijakan konten. Untuk mempermudah langkah silahkan analisa judul artikelnya saja melalui daftar isi (sitemap), cari topik artikel yang mengandung unsur pelanggaran kebijakan konten.

 

2. Periksa Seluruh Slot Iklan dalam Halaman/ Page Blog Milik Kita

 

Jenis pelanggaran ini biasanya menyorot posisi letak iklan atau perlakuan iklan di halaman penayang.

 

Perhatikan posisi letak iklan yang tidak sesuai dengan kebijakan seperti penempatan iklan yang terlalu dekat dengan tombol navigasi, iklan tacky dengan thickness lebih dari 30% menutupi konten dan iklan yang mendorong konten ke bawah sebaiknya iklan ini dibenahi.

 

3.Copot Seluruh Iklan yang Menjadi Sasaran klik tidak wajar

 

Ketika akun sedang dalam masa suspend maka seluruh kode iklan berada dalam question pelanggaran kebijakan, maka upaya selanjutnya adalah coba lepas semua unit iklan kemudian ganti dengan unit iklan yang baru supaya traffik yang masuk ke akun tidak lost karena dikhawatirkan kalau traffiknya zero  atau null maka akun kemungkinan kena prohibited.

 

4. Laporkan ke Google  Dengan Melakukan indeks di Webmaster Tool

 

Promosikan artikel dengan tepat dan bermanfaat untuk banyak audiens untuk memancing perhatian Google agar mempercepat  pengindeksan dan pengaktifan akun yang terkena pembatasan /suspend tersebut.

 

Demikianlah  tips tentang cara mengatasi pembatasan iklan adsense di blog. Semoga bermanfaat dan  berhasil mengatasi dan iklan adsense kembali muncul di blog kita

 

Show comments
Hide comments

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Pembatasan Iklan oleh Adsense di Blogger"

Post a Comment

Berkomentar dengan Baik dan Jangan Buat Spam
1. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×