12/3/20

5 Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris Paling Mudah dan Efisien dan Penyebabnya


 Cara memperbaiki layar laptop bergaris paling mudah - Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah bukan hal yang asing lagi. Meskipun kini handphone android, IOS  mampu melakukan banyak hal sehubungan dengan informasi yang berhubungan dengan komputerisasi, namun komputer/laptop/Notebook tetap masih sangat dibutuhkan untuk banyak hal, seperti pekerjaan misalnya menulis laporan, menganalisa data, mengontrol pekerjaan administrasi pekantoran. Komputer merupakan sebuah mesin yang tentunya membutuhkan perawatan agar tetap bisa berjalan dengan baik. Namun, meski kita sudah merawatnya dengan baik, bisa saja laptop mengalami kerusakan yang tentunya akan sangat mengganggu terutama bagian LCD yang merupakan komponen utama dari suatu komputer/laptop/notebook

 

Salah satu kerusakan yang mungkin anda alami adalah permasalahan pada layar screen laptop. Ciri lcd laptop rusak bisa terlihat mulai dari tampilan layar blue screen, bergaris-garis, hingga gelap sama sekali  blank dan  tidak menampilkan apapun meski mesin laptop hidup. Pada artikel kali ini Imamkunblog akan mengulas mengenai cara memperbaiki layar laptop bergaris – garis.

 

Biasanya ada dua tipe garis yang muncul pada layar laptop yang bergaris – garis. Pertama berupa garis lurus yang memanjang secara vertikal, dengan warna hitam atau putih halus dan tidak bergerak. Gangguan dengan ciri tersebut biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bagian board screen LCD. Kedua berupa garis bergelombang yang memanjang secara mendatar dan bergerak naik turun, atau berupa garis-garis kecil yang muncul secara irregular. Gangguan dengan ciri tersebut bisa terjadi karena permasalahan pada kabel board LCD, VGA, RAM, atau equipment lain yang mempengaruhi LCD. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut:

 

#1. Menggunakan Pixel Repairer

 

Kerusakan pada board screen LCD yang di tandai dengan garis lurus berwarna hitam/putih halus dan tidak bergerak; disebabkan oleh adanya dead pixel. Dead pixel bisa terjadi karena memang adanya cacat bawaan pada board screen sejak komputer dibeli, atau bisa juga karena kesalahan lain seperti misalnya tekanan pada layar yang terlalu keras.

 

Pixel Repairel merupakan sebuah programming pendeteksi dead pixel bagi pengguna Windows. Selain mendeteksi adanya dead pixel, programming in juga bisa membantu anda untuk memperbaikinya, sehingga anda tidak perlu repot – repot membongkar layar.  Ada 5 cara digunakan mengatasi layar laptop yang bergaris antara lain :

 

#-1. Cara mengetes dead pixel menggunakan Pixel Repairer

 

+- Download, Install, lalu jalankan programming Pixel Repairer di laptop anda.

 

+- Setelah kotak discourse Pixel Repairer muncul, pilih Patern yang anda inginkan. Saya lebih  

     merekomendasikan hitam atau putih.

 

+- Klik Enable untuk menaplikasiakn warna yang anda pilih pada layar.

 

Perhatikan layar, jika anda memilik patern hitam, dan anda lihat seluruh layar berwarna hitam, maka itu berarti layar laptop anda dalam keadaan baik. Namun jika anda menemukan adanya titik putih (atau warna lain) pada layar, maka itu berarti memang terdapat dead pixel pada layar anda.

 

+- Klik Esc untuk keluar.

 

#-2. Cara memperbaiki dead pixel menggunakan Pixel Repairer

 

+-   Jalankan Program Pixel Repairer di laptop anda

 

+-   Pilih/klik ikon Repair

 

+-  Klik Add untuk menambahkan dan mensetting territory perbaikan.

 

+-  Drag kotak repairer ke lokasi dimana dead pixel ditemukan.

 

+-  Gunakan salah satu mode konfigurasi repairer, misalnya strong. Jika ternyata tidak berhasil,

      Dengan menggunakan mode commotion.

 

+-  Untuk size, pilih ukuran yang mencakup territory dead pixel berada. Untuk frekuensi, bila tidak

      dirubah biasanya 60 Hz

 

+- Klik Add kembali untuk menambahkan territory repairer lainnya, jika anda menemukan lebih dari

     satu dead pixel pada laptop anda. Lalu lakukan hal yang sama seperti poin no 4 – 7 diatas.

 

Akhirnya...

 

Sofware akan menjalankan perbaikan, tunggu beberapa saat.

 

Program Pixel Repairer berukuran ringan, jadi tidak akan membebani kinerja laptop anda terlalu berat. Selain itu, anda masih bisa menjalankan program lain selama menjalankan program pixel repairer. Jadi anda bisa memperbaiki laptop anda sambil mengerjakan hal yang lain. Selain untuk memperbaiki dead pixel pada laptop, Pixel Repairer juga bisa anda gunakan untuk LCD pada PC atau layar screen lainnya. (Baca Juga: Fungsi Sistem Operasi , Fungsi Freehand Tool)

 

 Baca Juga: Cara Membuat Efek Zoom pada Gambar artikel Blog


#-3. Memeriksa kabel fleksibel layar

 

Kabel fleksibel yang menghubungkan layar dengan motherboard, kadangkala kendor atau mengalami kerusakan. Periksa sambungan kabel tersebut, pastikan terpasang dengan baik. Coba hubungkan laptop ke layar screen eksternal, jika garis-garis masih muncul, berarti kerusakan bukan pada kabel fleksibel layar, juga board screen layar. Bisa jadi kerusakan karena masalah pada komponen lain seperti RAM, VGA atau kadang kala hardisk. (Baca juga: tips memilih laptop untuk desain grafis).



#-4. Memeriksa RAM, VGA, atau Hardisk

 

Cek RAM, buka dan bersihkan pin-pinnya dengan menggunkan penghapus. Lalu pasang kembali dengan baik. Jika terdapat dua space RAM, coba pindahkan. Jika tidak berpengaruh, coba pasang RAM lain, jika gari-garis menjadi hilang berarti penyebabnya adalah kerusakan pada RAM. Untuk menambah wawasan, anda bisa membaca ciri RAM komputer rusak.

 

Jika garis tetap muncul, lanjutkan dengan memeriksa VGA, jika VGA anda bisa dilepas, coba bersihkan pin-pinnya, dan lakukan hal yang sama seperti pada RAM diatas. Sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan jika VGA anda locally available. Anda bisa lanjut memeriksa komponen lain. (Baca juga: jenis VGA card dan Fungsi VGA Card)

 

Hardisk yang rusak, atau kabel hardisk yang rusak atau tidak terpasang dengan benar, bisa juga memyebabkan layar bergaris. Anda bisa mengeceknya dengan mengganti kabel hardisk, atau memasang hardisk lain untuk memastikannya. (Baca juga: fungsi harddisk pada komputer).

 

#-5. Mengupdate  software driver VGA dengan yang baru

 

Driver yang sudah lama tidak di update juga kadang kala bisa menjadi penyebab timbulnya garis – garis pada layar laptop. Hal ini disebabkan karena kurang singkronnya driver VGA lama dengan program terbaru. Untuk mengatasinya, anda bisa mendownload update driver VGA laptop anda, yang biasanya disediakan di web resmi seller VGA anda. (Baca Juga: Jenis Sistem Operasi Komputer)

 

Demikian beberapa cara memperbaiki layar laptop bergaris yang bisa anda lakukan. Dengan menggunakan program Pixel Repairer untuk memperbaiki dead pixel pada board screen anda, lalu mengecek kabel fleksibel yang menghubungkan layar dengan motherboard, mengupdate driver VGA, serta dengan mengecek komponen – komponen lain seperti RAM, VGA, dan Hardisk.

 

Akhir individualized structure, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

 

Layar bergaris pada laptop memang sangat mengganggu pandangan kita ketika sedang menggunakannya. Bagaimana tidak? Layar yang biasanya terlihat typical, tiba-tiba muncul garis sehingga ada sebagian objek yang tertutup.

 

Kita semua pasti sepakat kalau layar laptop atau screen merupakan  bagian komponen atau equipment yang memiliki fungsi sangat penting. Sebab, tanpa adanya layar maka sudah pasti laptop tidak akan bisa digunakan kecuali jika menggunakan proyektor.

#2. Penyebab Layar Laptop Bergaris

 

Sebelum menuju langkah memperbaiki layar laptop yang bergaris, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja sih hal yang menyebabkan layar laptop muncul garis. Nah, di bawah ini akan saya paparkan beberapa penyebab layar laptop bergaris.

 

#2.1.  Kabel Fleksibel Bermasalah

 

Kabel fleksibel berfungsi sebagai penghubung layar screen dengan motherboard. Ketika kabel fleksibel bermasalah (bisa rusak atau kendor), maka hal itu akan menyebabkan layar menjadi tidak typical, salah satunya menjadi bergaris.

 

+ - Penyelesaian

 

Untuk mengetahui apakah masalahnya berasal dari kabel fleksibel atau bukan, Anda bisa coba menghubungkan laptop ke screen eksternal. Jika garis tetap muncul, maka sudah pasti masalahnya bukan berasal dari kabel fleksibel ataupun layar laptop.

 

#2.2.  Smash Bermasalah

 

Smash berfungsi untuk menyimpan information secara sementara saat ada expositions yang berjalan. Walaupun demikian, bisa juga menyebabkan layar laptop bergaris apabila ada bagian RAM yang rusak atau sekadar kotor saja.

 

+ - Penyelesaian

 

Anda bisa melepas RAM terlebih dahulu, kemudian bersihkan kuningan pada RAM dan space menggunakan penghapus karet. Biasanya, debu yang menempel pada kuningan dapat menyebabkan masalah walaupun terlihat sepele.

 

#2.3.VGA Bermasalah

 

VGA sangat berhubungan dengan tampilan layar laptop. Jika VGA bermasalah, maka bisa juga menyebabkan layar laptop bergaris. Untuk itu, Anda bisa memastikan apakah VGA masih typical atau memang sudah bermasalah.

 

+-  Penyelesaian

 

Sama halnya dengan RAM, Anda bisa mencoba membersihkan pin VGA dan slotnya. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan jika VGA Anda bisa dipelas. Untuk yang menggunakan VGA locally available, maka langkah ini tidak bisa dilakukan.

 

Masih berkaitan dengan VGA. Anda bisa mencoba update driver VGA menjadi yang terbaru. Driver juga sangat memengaruhi performa pada VGA. Biasanya, driver yang tidak cocok atau belum diupdate akan menyebabkan masalah pada screen.

 

Itulah sedikit manfaat artikel tentang cara memperbaiki layar laptop bergaris semoga berguna bagi teman teman semua. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan membantu Anda mengatasi layar laptop yang bergaris.

0 Obrolan seru!:

Post a Comment

Berkomentar dengan Baik dan Jangan Buat Spam
1. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)