-->
Selamat datang di website www.imamkunblog.com - Tempat Sharing Tips Trik Android, Komputer, Internet dll

10 Fitur Terbaru Facebook dan Fungsinya yang Wajib diketahui

10 Fitur Terbaru Facebook dan Fungsinya yang Wajib diketahui
Fitur Terbaru Facebook dan Fungsinya yang Wajib diketahui
Imamkunblog.com | Facebook adalah salah satu media sosial terbesar dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Facebook memiliki kantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat dan diluncurkan pada tahun 2004 bulan Februari Oleh Mark Zuckerberg.

Facebook memiliki berbagai fungsi yang beragam seperti, tempat berbagi foto, video, lokasi dan fitur menarik lainnya. Semakin berjalanya hari demi hari Facebook terus melakukan pembaruan bagi dari segi fitur dan fungsi yang wajib kamu ketahui sebagai pengguna.

Tampilan Facebook saat ini jauh lebih Modern dan Responsive, kalau dibandingkan dengan dulu sangatlah jauh berbeda dengan Facebook yang sekarang ini. Facebook sekarang ini jauh lebih baik dan memiliki banyak Fitur dan fasilitas yang sangat berguna.

Perlu diketahui, bahwa facebokk sendiri terus melakukan pembaruan sesuai dengan kebutuhan orang-orang dan salah satu contohnya adalah Fitur yang dimiliki Instagram yaitu Fitur Story.

Dan perlu diketahui juga Facebook telah melakukan kolaborasi dengan Instagram dan Fitur dari Instagram yang sering digunakan kini bisa juga digunakan di Facebook, yaitu Fitur Story.

Fitur Story di Facebook dapat tampil dalam kurun waktu 1 haru atau 24 Jam, sama halnya dengan Instagram. Nah, ini baru fitur Story, kira-kira ada fitur apalagi yang yang dimiliki Facebook yang wajib anda ketahui?

Jika kamu penasaran dan ingin mengetahuinya lebih jauh mengenai Fitur Terbaru Facebook, yuk disimak penjelasannya dibawah ini yang telah saya rangkum untuk anda.

Fitur Terbaru Facebook dan Fungsinya


Fungsi dan Fitur Facebook yang wajib kamu ketahui kali ini sudah saya rangkum sebanyak 10 Fitur Terbaru facebook yang wajib anda ketahui.

1. Mencari Topik dengan Hastag/Tagar

Tidak mau kalah dengan Sosial media saingannya yaitu Twitter, kini facebook juga tidak mau kalah canggih dengan menambahkan Fitur Tagar/Hastag untuk mencari sebuah informasi yang diinginkan. Perbedaan Facebook dengan Twitter dalam fitur hastag facebook tidak memiliki yang namanya Trending Topik.

Artikel yang ingin dicari menggunakan Hastag di Facebook yang akan dapat dilihat apabila informasi tersebut dipoasting dengan secara Publik bukan Privasi. Jadi apabila informasi tersebut diposting secara publik maka dapat ditemukan pada saat sedang mencari.

2. Memberi Reaksi Pada Status

Memberi reaksi pada status facebook merupakan fitur yang baru dari facebook, kalau dulu, di facebook anda hanya bisa memberikan reasi Like saja pada satatus teman anda. Tetapi sekarang ini jauh lebih menyenangkan karena anda bisa memberikan reaksi atau ekspresi anda terhadap status teman anda.

Ada enam reaksi atau ekspresi yang disediakan oleh Facebook yang bisa anda pilih, diantaranya adalah Like (Suka), Haha (Ketawa), Angry (Marah), Sad (Sedih) dan Love (Hati). Tidak hanya distatus teman anda saja yang bisa memberikan reaksi, dan begitu juga sebaliknya poastingan yang anda buat juga bisa mendapatkan reaksi dari teman anda di facebook.

3. Melihat dimana saja anda pernah log in

Salah satu fitur keamanan facebook yang bagus adalah dapat melihat riwayat sumber dimana saja atau perangkat apa saja yang anda pernah login. Bagi anda yang khawatir apabila ada pihak yang melihat atau membuka akun anda tanpa anda sadari, maka anda jangan khawatir dan tetap tenang saja.

Disini anda dapat menggunakan fitur keamanan dari FAcebook yang terbaru ini  untuk mengecek apakah ada yang pernah menggunakan akun FAcebook anda atau tidak. Untuk melihat proses log in yang pernah anda lakukan caranya sangatlah mudah, berikut caranya;

Masuk ke Opsi atau Menu "Sttings" > "Account Settings" > dan pilih opsi "Security". Pada saat dihalaman tersebut anda cari tulisan "Where you're logged ini" dan anda klik opsi tersebut untuk melihat daftar tempat atau perangkat mana yang pernah anda log in kan akun fb anda.

4. Melakukan Siaran Langsung (Live Streaming)

Tidak hanya di Instagram saja bisa melakukan live streaming (Siaran langsung), kini Facebook juga bisa melakukan siaran langsung baik menggunakan Facebook Browser, Android maupun Facebook Lite dapat melakukan Siaran langsung.

Facebook terus memberikan fasilitas untuk para penggunanya untuk berbagi moment secara langsung ke teman teman di fb yaitu fitus siaran langsung (live streaming). Melakukan Live streaming tidak hanya di Akun FB anda saja namun juga bisa di Halaman (Fan Page) di Facebook yang anda kelolah.

Selain itu, siaran langsung facebook juga sudah tersedia kolom partisipasi dan kolom komentar bagi para penonton untuk menyampaikan komentarnya dan berpartisipasi. 

5. Fitur Toko Online

Dikarenakan banyaknya orang-orang melakukan pembelian barang secara online, kini facebook memberikan fitur toko atau marketplace. Disana anda dapat mencari barang atau menjual barang dengan cara pembayaran COD.

Fitur marketplace di facebook dapat anda menyesuaikan lokasi tempat terdekat yang mencual barang-barang yang anda inginkan. Tidak hanya itu saja disitu anda dapat memberikan harga barang yang ingin anda jual/beli.

Selain itu juga dapat memberikan lokasi penjual dengan ditambahnya fitur MAP dalam martpketplace facebook. Jadi para pembeli bisa dengan mudah mengetahui lokasi si penjual dengan cepat.

6. Mengubah Foto Profil menjadi GIF

Mungkin dari anda masih ada yang belum atahu, bahwa kini facebook dapat mengubah foto profil dengan GIF. Sekarang facebook sudah bisa mengubah foto profil facebook dalam bentuk GIF. Jadi anda tidak perlu lagi membuat GIF secara manual dan langsung di Upload lagi.

Untuk menjadikan foto profil menjadi GIF sangatlah mudah, berikut caranya; Untuk aplikasi Facebook Mobile kamu harus menekan "Take a new Profile Video" pada halaman untuk mengubah foto profil. Dan dengan secara langsung facebook akan menampilkan kamera dan kamu bisa mengambil foto dan mengubahnya menjadi GIF.

7. Mendownload Status, Video dan Foto (Backup data Facebook)

Untuk mengamankan data-data anda di Facebook apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kini facebook telah memberikan sebuah fitur yang dapat melakukan Back-up semua data, baik barupa foto, video, dan status yang dapat anda download ulang.

Fitur ini 100% sangatlah berguna, bagaiman tidak? 

Saat akun FAcebook saya dinonaktifkan saya merasa khawatir apakah akun facebook akan kembali atau tidak, tetapi disitu akan ada fitur yang timbul untuk melakukan Back-up data.

Membaca itu saya merasa lega, data-data saya bisa diambil kembali, walaupun ukuran filenya mencapai 2 GB an.

Cara backup data file di Facebook sangatlah mudah yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu "setting" > "General" > scroll kebawah dan pilih "Download a copy of your facebook data". Tunggu proses penyalinan selesai dan jika sudah selesai klik Download File.

Untuk ukuran besar file yang akan didownload tergantung seberapa banyak anda melakukan update status, uanggah gambar, ataupun video. Saya sendiri pernah backup data facebook berukuran 2GB-an.

8. Mengunggah Foto dan Album

Facebook juga dikenal sebagai salah satu platfrom sosial media yang berfungsi sebagai tempat album foto versi online. Bagaimana tidak? Di facebook anda dapat membuat album foto dan menguploadnya sesuai dengan album foto anda.

Tidak hanya gambar saja yang bisa dijadikan album, namun video juga dapat anda jadikan album video sesuai keinginan anda. Apakah upload Video atau foto di facebook dibatasi? Tidak dibatasi sama sekali, jadi anda dapat mengunggah foto atau video sebanyak yang anda suka.

Baca Juga: Cara BOM Chat Whatsapp

Namun, untuk membuat album video anda harus menupload satu persatu dan masukkan ke album, dan apabila anda mengupload langsung lebih dari satu maka tidak bisa dijadikan album.

9. Mengirim File dalam format apapun

Untuk mengirim file dalam format apapun kini anda sudah bisa melakukan hal tersebut difacebook, anda cukup buka Facebook Messenger dan anda dapat mengunggah file apapun untuk dikirimkan ke teman anda. Selain itu kamu juga bisa mengirim stiker, pesan suara dan video call juga.

Lalu, bagaimana cara mengirim file di facebook messenger? Caranya sanglah mudah kamu hanya perlu mengklik ikon gambar roda gigi dan pilih tulisan "Add File" dan pilih file yang ingin dikirim, kemudian kirim dan selesai. Nah, cukup mudah bukan? Untuk proses uploadnya tergantung besar size file yang dikirim dan juga size filenya.

10. Memiliih Halaman atau Prodil yang diprioritaskan

Pada umumnya pada saat membuat akun Facebook dan masih tidak memiliki banyak teman maka fitur tersebut akan berfungsi untuk menyarankan atau memperioritaskan teman yang ingin ditambahkan. Tidak sampai disitu saja fitur ini dapat memprioritaskan pada postingan yang terlewatkan.

Untuk menampilkan kembali postingan yang sudah lama tidak di perhatikan atu tidak terprioritaskan lagi anda cukup mengukti langkahnya berikut ini, Pilih menu "News feed Preferences" dan berikan tanda bintang untuk profil atau halaman yang ingin di utamakan.

Jika sudah, anda dapat membuka halaman beranda facebook untuk melihat artikel yang diprioritaskan muncul atau tidaknya.

Baca Juga: Cara Ganti Foto Profil Facebook tanpa di ketahui 

Itulah infromasi terkait dengan fitur terbaru dari facebook yang wajib untuk kamu ketahui sebagai pengguna facebook. Dengan selalu memberikan updatan terbaru dengan segala fitur fitur keren kini anda tidak akan merasa bosanuntuk menggunakan FAcebook lagi.

Dengan adanya pembaruan setiap tahunnya dapat mengurangi kekurangan yang terdapat di Facebook dan membuat para penggunanya jauh lebih nayaman dalam menggunakan Facebook. Tidak hanya FAcebook saja, sosial media lainnya juga terus melakukan pembaruan untuk memuaskan penggunanaya.

Demikianlah artikel kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya dan apa yang anda baca tidak akan menjadi sia-sia begitu saja!!
Show comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×
-->