Cara Cek Konten Plagiat Artikel Blog dengan Mudah

Cara Cek Konten Plagiat Artikel Blog dengan Mudah
Cara Cek Konten Plagiat Artikel Blog dengan Mudah

Konten plagiat pada blog itu ibaratkan sebuah virus penyakit yang tidak akan pernah lepas. Bagaimana tidak, konten plagiat secara perlahan lahan dapat menggorong konten lain sehingga membuat blog sulit untuk mendapatkan pengunjung.

Konten atau artikel yang beredar di internet kini semakin banyak konten plagiat yang beredaran. Sebenarnya boleh saja meniru konten orang lain tetapi juga harus mencantumkan sumber yang diperoleh.

Tetapi, kebanyakan blogger pemula banyak sekali meng-copas artikel dari blog lain tanpa ada sama sekali mencantumkan sumber artikel dan yang paling parahnya tidak ada kata-kata yang di editnya lagi.

Sama seperti saya saat pertama mengenal blog juga sedemikian, tetapi kebiasaan itu telah saya pelajari dan mengubah, karena saya tahu itu tidak baik untuk dilakukan.

Dalam mencantumkan sumber artikel yang diperoleh anda bisa membagikannya pada bagian akhir artikel yang anda buat. Lebih baik artikel orang lain dijadikan referensi saja dan menulis menggunakan kata-kata sendiri.

Seperti yang saya katakan saat di awal-awal konten plagiat sama halnya semacamm virus atau racun yang membahayakan blog anda sendiri.

Bagaimana tidak, anda telah menulis dan di copas oleh orang lain begitu saja dan ternyata artikel yang diambil dari blog anda masuk di halaman page one Google. Bagaiaman, kesal bukan?

Tetapi, apabila konten yang anda buat itu terdeteksi unsur plagiat (plagiarisme), maka artikel tersebut tidak akan mendapatkan rangking yang baik di mesin pencari Google.

Walaupun konten plagiat dipublishkan oleh si peng-copas dan di index oleh Google, namun, artikel tersebut tidak terlalu di prioritaskan untuk tampil di halaman pertama.

Walaupun begitu, tetapi kadang-kadang masih ada konten plagiat yang masuk ke page one. Tetapi saat ini itu sudah tidak lagi saya lihat sedemikian seperti halnya dulu.


Sebelum kita membahas secara lengkap cara mengecek konten plagiat blog, lebih baik kita membahas terlebih dahulu secra singkat dan jelas mengenai konten plagiat.



Apa itu konten plagiat?


Konten plagiat adalah konten dari hasil copy paste dari blog lain dan dipublish ulang tanpa memberikan link sumber. Konten plagiat bisa juga disebut sebagai konten curian.

Sebenarnya, konten yang dibuat di blogger memiliki hak cipta, yang dimana sudah diatur dalam Undang-Undang. Jadi, apabila ada yang mencoba mencuri artikel blog tanpa seizin dari pemiliki, maka mereka bisa juga dilaporkan.

Namun, banyak para blogger tidak terlalu memperdulikan hal tersebut dan membiarkan saja artikel tersebut dicuri. Tetapi banyak juga para blogger mengamankan artikel mereka supaya tidak bisa di copas dengan memasang script anti copy paste.

Selain itu anda juga bisa mengajuhkan banding atas artikel anda yang dicuri atau dipublish ulang oleh si pencuri tersebut. Maka jika anda merasa kesal and abisa membuat surat peringatan pelanggaran hak cipta.

Pada intinya, untuk anda para blogger yang sama seperti saya, buatlah artikel yang asli buatan anda sendiri dan hindari konten duplikat. Jika anda tidak bisa membuat artikel yang berkualitas anda dapat membaca Cara Membuat Artikel yang Berkualitas.


Cara Mengecek Konten Plagiat/Duplikat di Blog


Setelah mengenal lebih dekat apa itu konten plagiat? Kini, bagaimana caranya mengetahui kalau konten yang telah dipublish memiliki unsur plagiatnya? Selama ini saya telah mencoba beberapa cara untuk mengecek konten plagiat dengan bantuan pihak ke tiga.

1. Menggunakan Smallseotools


Untuk yang pertama, disini saya menggunakan Website Smallseotools. Website ini memiliki banyak sekali alat bantu seperti Grammar Check, SEO Checker, Logo Maker, Plagiarims Checker dan lainnya.

Berikut ini cara menggunakan smallseotools untuk mengecek konten plagiat pada artikel blog anda;

1. Pertama silahkan kunjungi website Smallseotools.
2. Berikutnya, silahkan masukkan tulisan artikel anda di dalam kotak.
3. Jika sudah memasukkan artikel yang ingin di cek, berikutnya klik "Check Plagiarism" dan tunggu proses hingga selesai.



Dengan menggunakan tools di Smallseotools anda bisa mengecek konten anda apakah memiliki unsur plagiat atau tidak. Untuk hasil yang aman dari hasil pengecekan plagiat di smallseotools adalah dengan skor minimal 75%/80% sudah termasuk aman.

2. Mengecek langsung dari Google


Untuk cara yang kedua adalah anda dapat secara langsung mengcek konten anda apakah ada yang mencurinya atau tidak dengan mengcopy beberapa kata dari artikel anda di mesin pencari Google.

Cara ini cukup ampuh menurut saya, anda dapat mencobanya dengan mengcopy beberapa kata yang khas dari artikel anda atau judul artikel blog anda.

Mengapa harus seperti itu?

Ingat, seperti yang saya katakan sebelumnya, orang yang mengcopas artikel tidak pandang bulu lagi mereka kebanyak langsung semua artikel kita di publish ulang.

Jadi kata-kata khas anda pasti juga masuk di artikel mereka. Untuk contoh disini saya berikan kata-kata yang sering saya gunakan biasanya adalah selamat datang di imamkunblog. 

Dan saya lakukan pengecekkan dan hasilnya luar biasa, ada sebuah website mengcopas artikel saya tanpa ada melakukan edit-edit kata lagi dan langsung main libas semuanya. Berikut hasilnya.


Cara Cek Konten Plagiat Artikel Blog dengan Mudah

Dengan mengecek seperti saja sudah bisa dipastikan bahwa website  tersebut meng copas artikel saya. Namun perlu diperhatikan juga, jika ingin menggunakan cara ini anda harus mengecknya juga apakah benar-benar copas sepenuhnya atau tidak.

Terkadang memang ada kata kunci yang kita masukkan sama dengan artikel blog lain tetapi, supaya lebih yakin anda harus memngeceknya dan bandingkan dengan artikel aslinya.


Cara Membuat Artikel supaya tidak terdeteksi plagiat


Membuat artikel supaya tidak mengandung unsur plagiat sangatlah gampang untuk dibuat apabila anda serius ingin ngeblog, berikut ini adalah cara artikel tidak terdeteksi plagiat;


1. Buat artikel original tulisan sendiri


Membuat artikel original pastinya tidak akan membuat artikel anda terdeteksi plagiarims. Ya pastilah menulis capek-capek menggunakan kata-kata sendiri masa iya masih kena plagiarism.

Terkadang memang ada beberapa kata yang sama dengan blog lain misalnya "artikel ini membahas tentang blogging untuk pemula". Mungkin saja di blog lain ada juga menggunakan kata yang sama tanpa sengaja.

Untuk masalah seperti itu tidak masalah yang hanya perlu anda lakukan adalah mengubah atau menambahkan kata-kata tambahan. Dan lakukan kembali pengecekkan plagiarims di smallseotools sampai artikel anda 100& Uniqe.

2. Menuis ulang artikel


Menulis ulang artikel itu tidak masalah, namun anda harus memperhatikan beberapa hal seperti menabahkan kata-kata dengan cara anda sendiri dan cari referensi jangan hanya di satu tempat saja.

Untuk menulis ulang artikel alangkah baiknya cari 3 sumber yang berbeda-beda, dan jangan mengambil kata-katanya semua anda dapat mengambil beberapa kata saja dan menjadikan seperti kata-kata anda sendiri.

Baca Juga: Cara Merevisi Artikel Blog

Cara menulis artikel ulang memang tidak terlalu menutup kemungkinan akan lolos dari unsur plagiat. Tetapi kalau hanya beberapa persen saja dan tidak kurang dari 70% tidak masalah.

Cara Mengatasi Konten plagiat blog


Untuk mengatasi plagiat artikel anda, anda dapat menggunakan beberapa cara yang sering orang-orang gunakan untuk mencegah terjadinya copas artikel tanpa izin.

1. Memasang Script Anti Copy paste


Seperti yang saya katakan pada awal artikel, untuk mengatasi masalah sering di copas artikel anda, anda dapat memasang script anti copy paste pada blog anda. 

Dengan memasang script anti copas maka artikel anda tidak akan bisa di copas oleh si pencuri.

2. Ajukan Surat Peringatan Hak Cipta


Anda sebagai penulis blogger dan anda merasa dirugikan karena artikel anda dicuri secara meluruh dan banyak, anda dapat mengajuhkan surat peringatan ke google untuk menghapus artikel yang terpublish oleh si tukang copas.

Cara ini sangat ampuh dan sudah saya gunakan sebanyak dua kali dan artikel si tukang copas hilang dari google. 

Dan saat ini saya biarkan saja dulu untuk blog yang megambil artikel saya, karena blog mereka tidak akan di prioritaskan juga oleh google.


3. Hubungi langsung si tukang plagiat artikel


Langkah yang terakhir yang dapat anda coba adalah hubungi si tukang plagiat tersebut. Untuk menghubingi si tukang plagiat anda bisa membuka websitenya dan cari halaman contactnya.

Disitu kalian bisa mengajukan atau bilang kepada si tukang plagiat untuk menghapus artikel yang dicopasnya. Jika tidak anda bisa memberi dia ancaman seperti melaporkan blognya ke Google sebagai blog plagiat.


Penutup


Agar terhindar dari masalah plagiat dan terlindas ke masalah hukum, sebaiknya anda menulis artikel dengan kata-kata sendiri. Apabila anda belum bisa menulis anda dapat membaca di blog-blog dan pelajari.

Untuk anda sebagai konten kreator, sebelum melakukan publish artikel sebaiknya untuk mengcek tingkat plagiarims artikel yang anda tulis, apakah terdapat duplikat atau tidak.

Baca Juga: Cara Membuat Widget Popular Post

Jika ada, lakukan tulis ulang artikel tersebut dan cek kembali plagiarimsnya dan lakukan sampai artikel anda 100% Uniqe.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara cek artikel plagiat blog. Semoga apa yang saya tulis ini sangat bermanfaat untuk anda. Dan terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya di imamkunblog.
Show comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×