-->
Selamat datang di website www.imamkunblog.com - Tempat Sharing Tips Trik Android, Komputer, Internet dll

Alur Pendaftaran Seleksi P3K Tenaga Kependidikan Tahun 2021

Alur Pendaftaran Seleksi P3K Tenaga Kependidikan Tahun 2021

 


Assalamualaikum wr.wb. Kembali lagi di Imamkunblog. Masih membahas seputar guru honor yang ingin mendaftar pada program P3K. Oke akan saya sajikan disini berupa bagan bagaimana proses dari pendaftaran P3K. Bagaimana kita bisa mengikuti P3K nantinya. Dan sekaligus menjawab pertanyaan "Apakah Wajib Kita Melakukan Verval Ijazah" ini yang sekarang lagi HOT atau lagi tranding topik, verval ijazah yang banyak sekali masalah. Oke simak terus video ini. Untuk mengikuti P3K dijenjang pendidikan terutama untuk guru honor, ini bisa diikuti oleh guru honor sekolah negeri maupun swasta yang terdata didapodik. Ingat harus terdata di Dapodik, kalau kita tidak terdata di Dapodik, ya kita tidak bisa ikut mendaftar di P3K nantinya. Kedua yaitu individu baru sertifikat pendidik. Maksudnya adalah guru ini tidak terdata di dapodik tetapi memiliki sertifikat pendidik. Lho kok bisa? bukan seorang guru tetapi memiliki sertifikat pendidik.



Ini bisa, apabila orang tersebut mengikuti PPG Prajab, PPG Prajabatan (Jadi dia harus menempuh pendidikan 1 tahun lagi untuk mendapatkan sertifikat pendidik). Itu bisa mengikuti P3K. Dan yang ketiga adalah guru honor K2 dengan catatan terdata dalam database BKN. Jadi K2 K2 yang dahulu, yang belum terangkat bisa juga mengikuti seleksi P3K ini. Dari 3 peserta ini nanti wajib melakukan pendaftaran pada SSCN-BKN, disini kita memang harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu seperti pada saat mendaftar CPNS dengan memasukkan tentunya NIK yang tersingkron dengan DUKCAPIL. Jadi pastikan bahwa NIK kita itu sama dengan data di Dukcapil. Masih bisa diperbaiki dari sekarang apabila NIK kita itu bermasalah. Dengan tempat dan tanggal lahirnya juga harus sama. NIK, tempat tanggal lahir harus sama dengan data di DUKCAPIL. Setelah melakukan pendaftaran di website SSCN BKN, nanti data kita itu akan masuk kedalam database Kemendikbud, lihat disini. Disini ada 3 kriteria, yang pertama adalah NIK untuk dapat NUPTK, maksudnya NIK ini untuk mencari data NUPTK kita, searchingnya menggunakan NIK, tempat tanggal lahir dan NUPTK itu untuk mencari data NRG bagi yang sertifikasi.



Terus kaitannya dengan verval ijazah disini lihat, aplikasi infogtk kemendikbud.go.id verval ijazah dengan NUPTK maupun kualifikasi S1 dan D4. Disini ada kata-kata NUPTK dan memiliki kualifikasi S1 dan D4. Apakah yang boleh mengikuti seleksi P3K wajib memiliki NUPTK, nah ini kalau menurut saya ini kurang tepat, karena BAPAK MENTERI pernah mengatakan bahwa syarat untuk mengikuti P3K itu yang penting kita S1, sarjana dan terdata di Dapodik, tidak menyebutkan wajib memiliki NUPTK.



Jadi untuk NUPTK ini saya rasa kurang tepat dituliskan disini. Nah jadi dari verval ijazah yang sudah kita lakukan ini pun akan masuk kedatabase kemendikbud, salah satu untuk mengikuti seleksi P3K ini, ialah kita harus melakukan verval ijazah, bahwa ijazah kita valid, berikut juga NIK dan tempat tanggal lahir kita ini harus database kemendikbud ini harus valid baru kita bisa mengikuti seleksi dari P3K. Untuk linearitas disini ada S1 jenis sertifikasi kemendikbud nomor 16 tahun 2019, maksudnya disini bagi yang memiliki sertifikasi itu harus linear dengan bidang studi atau formasi mata pelajaran yang akan diambilnya nanti ketika mendaftar pada SSCN BKN. Itu bagi yang memiliki sertifikat pendidik. Untuk sekarang yang perlu kita fokuskan adalah melakukan verval ijazah dengan sebaik-baiknya, dengan data yang benar dengan data yang sesuai dengan ijazah kita. Apabila masih ada kesalahan perbaiki, agar kita tidak keganjal nanti pada saat seleksi berkas takutnya kalau tidak sesuai dengan ijazah, info gtk kita akan tereliminasi secara sistem by sistem.


Demikian penjelasan Alur Pendaftaran Seleksi P3K Tenaga Kependidikan Tahun 2021, selanjutnya saya akan membuat soal-soal latihan untuk bapak ibu menghadapi tes P3K kedepannya..

Show comments
Hide comments

0 Response to "Alur Pendaftaran Seleksi P3K Tenaga Kependidikan Tahun 2021"

Post a Comment

Berkomentar dengan Baik dan Jangan Buat Spam
1. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×
-->