-->
Selamat datang di website www.imamkunblog.com - Tempat Sharing Tips Trik Android, Komputer, Internet dll

Cara Index Sitemap Blog ke Google Webmaster

Cara Index Sitemap Blog ke Google Webmaster
Cara Index Sitemap Blog ke Google Webmaster
Cara Index Sitemap Blog ke Google Webmaster - Selamat datang di imamkunblog.com pada artikel saya terhadulu saya pernah menjanjikan akan membuatkan sebuah artikel Cara Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster.

Sitemap merupakan sebuah file petunjuk yang memiliki format .xml yang dapat sangat berguna para webmaster untuk memperkenalkan blog mereka pada mesin pencarian supaya artikel blognya cepat terindex.

Jika sobat ingin tahu lebih lanjut seputar Sitemap XML dan Sitemap HTML sobat bisa membaca artikel saya tentang "Mengenal Sitemap XML dan HTML".

Seperti kebanyak website atau blog yang ada di dunia ini mereka para pengguna juga menggunakan sitemap.xml untuk memperkenalkan blog mereka di mesin pencarian dan juga mempermudah dalam perayapan artikel blognya.

Pada dasarnya dalam pembuatan sitemap dapat sobat tulis secara manual dengan menggunakan format .xml. Namun, dengan seiring pekembangan zaman sekarang sudah ada tools yang dapat membantu membuat sitemap secara otomatis.

Sitemap Otomatis atau yang sering disebut Sitemap Generator, sebenarnya sudah ada sejak sobat membuat sebuah blog atau memasang sudah terpasang dari Bloggernya tanpa sobat masukkan secara manual.

Jika sobat penasaran apakah memang benar sobat dapat membuat blog baru dan isi beberap artikel dan sobat coba dengan menuliskan namaalamatblogsobat.com/sitemap.xml atau juga namaalamatblogsobat.blogspot.com/sitemap.xml


Baca Juga: Cara Menampilkan Tab Earning/Penghasilan di Blog

Seperti itulah untuk cara mengecek sitemap generator pada blog, lalu pada wordpress bagaimana? Untuk wordpress itu menggunakan sebuah Plugin sob, untuk mendapatkan plugin tersebut bisa sobat dapatkan secara gratis dan itu sudah satu dengan SEO, Plugin yang banyak digunakan adalah Plugin Yoast SEO.

Cara Submit Sitemap Blog ke Google Search Console

Google Webmaster Tool atau juga Google Search Console itu sama ya sob hanya namanya aja yang beda itu karena orang-orang sering memanggilnya dengan Google Webmaster Tool.

Biaklah silahkan sobat simak cara submit sitemap blogger di webmaster google berikut ini, dan jangan lupa baca hingga selesai dengan teliti.

1. Pertama kunjungi Google Webmaster
2. Setelah itu sobat pilih blog yang ingin ditambahkan sitemap.

(Jika sobat belum pernah memasukkan atau mendaftarkan di webmaster sobat dapat memilih "Tambahkan Properti" pada kanan atas warna merah)

3. Karena Search Console lama sudah tidak bisa lagi, maka sobat Gunakan Seacrh Console Terbaru, maka akan tambil seperti ini.

Cara Index Sitemap Blog ke Google Webmaster

Pilih nama blognya yang ingin ditambahkan sitemap pada seperti gambar diatas dan jika sudah pilih Peta Situs atau Sitemap Seperti pada gambar diatas.

4. Setelah itu akan ada tampilan baru dan silahkan sobat isi sitemap sobat seperti gambar dibawah ini.

Cara Index Sitemap Blog ke Google Webmaster

Untuk Sitemap.xml seperti gambar diatas, sebenarnya sudah ada secara otomatis tetapi jika ingin memasangnya secara manual tidak apa-apa juga dan juga sitemap ini adalah sitemap default.

Jika sobat ingin memasang sitemap.xml maka klik Kirim dan selanjutnya sobat masukkan lagi sitemap dengan kode yang berbeda. Salin kodenya dibawah ini dan lakukan cara yang sama seperti diatas.
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Atom xml adalah sitemap yang berjeni atom yang dimana dapat melakukan index artikel dengan skala 1-500 artikel. Jika blog sobat memiliki jumlah artikel yang sampai 500an maka sitemap ini sangat cocok.

Baca Juga: Cara Membuat Safelink di Blog Lengkap

Jika artikel sobat sampai dengan seribu artikel sobat dapat mengganti angkanya saja 501-1000 untuk caranya sama seperti pada gambar diatas.

Setalah kedua sitemap itu sudah dimasukkan, maka sobat dapat memasukkan lagi jenis sitemap lainnya, kodenya dibawah ini.
/feeds/posts/default?orderby=updated
Sitemap ini adalah setiap ada artikel sobat yang baru dipublish maka akan membantu pengindexan lebih cepat, hanya dalam hitungan jam sudah bisa keindex.

5. Jika sudah dibuat semua maka terakhir Refresh Halaman tersebut dan Sukses.

Mungkin sampai disini dulu artikel kali ini Cara Submit Sitemap di Webmaster, semoga dapat bermanfaat buat sobat semuanya. Jika ada pertanyaa sobat bisa komentar dibawah ya!

Happy Blogging!!
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Index Sitemap Blog ke Google Webmaster"

Post a Comment

Berkomentar dengan Baik dan Jangan Buat Spam
1. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×
-->