-->
Selamat datang di website www.imamkunblog.com - Tempat Sharing Tips Trik Android, Komputer, Internet dll

Mengenal Sitemap HTML dan Sitemap XML: Dasar SEO

Mengenal Sitemap HTML dan Sitemap XML: Dasar SEO
Mengenal Sitemap HTML dan Sitemap XML: Dasar SEO
Mengenal Sitemap HTML dan Sitemap XML: Dasar SEO - SEO atau Search Engine Optimization dalam sebuah blog sangatlah penting untuk meningkatkan visitor dan memperoleh peringkat teratas dalam mesin pencari google.


Saya sendiri telah banyak membagikan artikel seputar SEO di IMAMKUNBLOG ini. Nah, sobat bisa membaca seputar Tips SEO yang ada diblog ini. SEO yang saya tulis disini telah saya coba di blog utama saya (Blog Selain IMAMKUNBLOG) dari dulu hingga sekarang.

SEO dalam blog pada dasarnya harus diawali dengan pemasangan atau pemahaman tentang elemen-elemen dalam blog. Salah satu elemen tersebut adalah peta situs atau (Sitemap).

Apa itu sitemap? Sitemap adalah alat bantu untuk para visitor uatamanya dan juga alat bantu untuk webmaster mempermudah dalam pengenalan peta situs pada suatu website.

Dengan begitu mesin pencari mbah Google akan dengab mudah menjelajahi peta situs dan meraih artikel-artikel yang ada didalam blog sobat.



Jenis-Jenis Sitemap


Seperti dijudul artikel ini, sitemap dapat dikategorikan menjadi dua bagian, yaitu Sitemap HTML dan Sitemap XML. Apa perbedaannya? Sitemap HTML dibuat untuk mempermudah pengunjung blog dalam mencari artikel pada suatu blog atau website. Sedangkan Sitemap XML adalah sitemap yang dibuat khusus untuk mesin pencari yang dapat sobat pasang di Webmaster.

1. Sitemap HTML

Seperti penjelasan diatas Sitemap HTML dibuat dan ditujukan untuk mempermudah para visitor atau pengunjung blog dalam memiliki konten atau post yang ada dialam suatu website.

Sitemap biasanya pada suatu blog atau website ditampilkan pada halaman Statis (Page Static) dengan daftar isi baik berupa tebl atau berurutan.

2. Sitemap XML

Sama seperti penjelasan diatas Sitemap XML ini dapat dipasang di Google Webmaster dan Sitemap XML ini berisikan URL Blog sobat dan didalamnya mengandung informasi seputar website yang didaftarkan.

Langkah pemasangan sitemap XML sangatlah mudah, contohtnya seperti ini. wwww.namabloganda.com/sitemap.xml. nah itulah cara pemasangannya. Sangat mudah bukan?

Setelah mengenal Perbedaan dari kedua jenis sitemap diatas, maka berikutnya saya akan menjelaskan sedikit Fungsi dari kedua Sitemap tersebut.

Fungsi Sitemap


Jadi Sitemap XML dan Sitemap HTML berfungsi dalam mempermudahkan mesin pencari Google dalam melakukan perambahan (crawling) dan pengindexan artikel pada suatu blog atau website.

Bagi sobat yang ingin membuat sitemap HTML Responsive untuk Blogger sobat bisa baca disini "Cara Membuat Sitemap Blogger Responsive".

Untuk cara membuat sitemap XML pada artikel berikutnya akan saya buat artikelnya dan pada artikel tersebut saya lakukan pemasangan Sitemap XML di Bing dan Juga Google (Serach Console).

Itulah Perbedaan Sitemap HMTL dan Sitemap XML: Dasar SEO, semoga artikel kali ini bermanfaat buat sobat semuanya masih awan pada dunia blogger an.

Happy Blogging!!
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengenal Sitemap HTML dan Sitemap XML: Dasar SEO"

Post a Comment

Berkomentar dengan Baik dan Jangan Buat Spam
1. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×
-->