Selamat datang di website www.imamkunblog.com - Tempat Sharing Tips Trik Android, Komputer, Internet dll

Perbedaan Web Hosting Gratis dan Hosting Berbayar

Perbedaan Web Hosting Gratis dan Hosting Berbayar

Imamkunblog.com - Hosting adalah sebuah sebuah Rumah Bagi Wesite untuk menyimpan data website supaya dapat diakses melalui Internet. Hosting atau Web Hosting dapat kita artikan juga sebagai sebuah tempat menyimpan data file yang diperlukan sebuah website dan dapat kita akses dengan menggunakan Internet.

File apa saja yang bisa kita simpan didalam hoting/web hosting? File website yang dapat disimpan di dalam hosting dapat berupa Gambar, Video, Script, Email, Aplikasi dan data-data Databse. Masih paham apa itu hosting? Berikut ini saya berikan sebuah gambaran singkatnya, apa itu hosting?

Hosting disini bisa kita ibaratkan adalah sebuah Rumah yang disewakan dengan ukuran yang beragam baik dari yang ukuran kecil sampai yang besar. Nah, sama halnya dengan hosting, setiap hosting juga memberikan sebuah layanan yang menyediakan Ruang/Space penyimpanan yang berbeda-beda. Contohnya misal anda membeli paket paling kecil 100MB dan paling besar Unlimited.

Jadi, bagaimana sudah paham belum apa itu Hosting? Saya yakin anda pasti memahaminya dengan baik ya. Oke kita lanjut lagi.

Seberapa pedulikah anda dalam memilih sebuah hosting untuk membangun sebuah situs web? Disini sebelum membangun sebuah website terdapat dua jenis hosting, Hosting Web berbayar dan Hosting web gartis.

Apakah menurut anda Hosting Web Gratis lebih baik untuk membangun situs web anda?


Pada dasarnya baik Hosting Gratis maupun Prabayar bisa anda nikmati untuk mengelolah sebuah blog, tetapi apabila anda ingin membuat situs web untuk memonetasi blog anda, maka anda harus mencari menemukan sebuah opsi yang terbaik. Menurut saya kalau dibandingkan dengan hosting prabayar dan gratis maka lebih baik menggunakan Web hosting yang prabayar.

Web Hosting Gratis lebih dicocokan bagi anda yang sedang belajar membangun sebuah website menggunakan platfrom Wordpress, kebanyakan orang-orang menggunakan hosting gratis hanya untuk mencoba membuat sebuah website atau hanya untuk sebagai editing template blog mereka dan jika sudah dirasa cukup mahir dalam menggunakan wordpress barulah menggunakan Hosting yang prabayar.


Hari ini, saya akan membagikan dengan anda semuanya sebuah alasan mengapa harus memilih hosting gartisa dan web hosting berbayar ketika ingin membangun sebuah blog.

Masalah Kecepatan


Semakin cepatnya sebuah hostingnya maka semakin baik juga website yang akan dibangun, didunia modern sekarang ini yang lebi cepat akan mengalahkan yang lambat dan akan memenangkat perlombaan. Apa jadinya kalau website anda lambat? Semakin lambat situs web anda, semakin tidak disukai juga bagi pengguna/pengunjung blog.

Jadi masalah utama yang harus anda petimbangkan sebelum membangun sebuah website adalah kelajuan dalam mengakses website, jika website sobat laju maka semakin puas pengunjung anda dan para pengunjung bakalan ke website sobat terus.

Jadi perbedaan pertama antara web hosting Gratis dan Hosting berbayar adalah masalah kecepatan, dibandingkan dengan hosting gratis, web hosting berbayar jauh lebih laju.

Masalah Keamanan


Masalah kemanan adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam membangun apapun disekitar anda, salah satunya adalah membangun website, di internet banyak sekali peretas yang banyak mengicar website-website didunia ini.

Jadi apakah website anda ingin diretas oleh hacker? Pastinya tidak ingin kan, nah maka dari itu pilihlah hosting yang memiliki banyak jenis fitur keamanan untuk memastikan bahwa situs web anda selalu aman dari ancaman para hacker.


Jika anda membangun sebuah Webite Toko Online maka keamanan adalah bagian yang sangat super penting untuk menjaga data-data pelanggan anda supaya tidak dicuri oleh hacker. Jadi kalau dibandingkan hosting gratis dan berbayar, pilihlah hosting yang berbayar saja karena kita bisa megontrol penuh website dan hosting kita dibandingkan dengan yang gratis.

Akses File Bebrasis Data FTP


Salah satu kelemahan dari Hosting Gratis adalah Akses File basis data (FTP) yang tidak menyediakan akses opsi seperti FTP, Database SQL dan lain sebagainya. Jadi kalau begitu jika anda sudah menggunakan hosting gartis dan ingin memback-up datanya maka tidak bisa untuk membuat cadangan situs anda.

Mengapa tidak bisa di cadangkan? Dikarenakan web hosting gratis tidak mengaktifkan data file FTP jadinya untuk melakukan backup itu tidak bisa dilakukan pada hosting Gratis. Kalau dibandingkan dengan hosting bebayar kita bebas bisa melakukan apapun di Hosting miliki kita sendiri.

Kesimpulan


Kalau kita bandingkan lagi dari alasan diatas ini web hosting berbayar jauh lebih baik dibandingkan dengan web hosting gratis, web hosting gratis dapat anada gunakan bagi anda yang ingin mencoba platfrom wordpress atau mau imigrasi dari Blogger ke Wordpress.


Baca Juga: Penyedia Hosting Unlimited Gratis

Saya sendiri pernah mencoba hosting gratis dan disitu saya sama sekali tidak bisa mengontrol database dan lainnya. Jadi saya sarankan kepada anda yang ingin membeli hosting lebih baik meembeli hosting yang berbayar saja dan beli sesuikan dengan kebutuhan saja.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Perbedaan Web Hosting Gratis dan Hosting Berbayar"

Post a Comment

Berkomentar dengan Baik dan Jangan Buat Spam
1. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×