Selamat datang di website www.imamkunblog.com - Tempat Sharing Tips Trik Android, Komputer, Internet dll

Kata Siapa Ternak Lele itu Susah? Begini Cara Ternak Lele Untuk Pemula

Kata Siapa Ternak Lele itu Susah? Begini Cara Ternak Lele Untuk Pemula
Imamkunblog.com - Ikan Lele adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele juga merupakan salah satu jenis ikan yang dapat sanggup hidup didalam gerombolan atau kepadatan yang tinggi. Ikan lele sendiri bisa dibilang masi kerabat dengan ikan patin. Ikaln Lele sangat mudah dikenali karena memiliki tubuh yang licin serta memiliki kumis yang panjang.

Ikan lele termasuk salah satu hewan yang memiliki sifat nokturnal, yaitu hewan yang aktif bergerak mencari makan pada saat malam hari. Ikan lele memiliki tingkat konversi bobot tubuh yang baik, dengan begitu Bubidaya Ikan Lele merupakan salah satu bisnis yang sangat mengunutngkan apabila dilakukan secara itensif. Jika anda ingin terjun di bisnis Ternak Lele, ada dua segmen usaha budidaya ikan lele yang anda harus ketahui.

Segmen yang pertama yang anda harus ketahui adalah segmen Pembenihan, Segmen pembenihan adalah salah satu segmen yang bertujuan untuk menghasilkan bibit-bibit ikan lele yang akan dikembangkan, Segeman yang kedua adalah segmen pembesaran, segmen pembesaran sendiri bertujuan untuk dapat menghasilkan ikan lele yang siap untuk dikonsumsi.

Kedua segmen diatas adalah segmen yang harus anda ketahui jika anda ingin memasuki Bubidaya Ikan Lele Untuk Pemula. Perlu diketahui juga produksi budidaya lele di indonesia sendiri dari tahun ketahun selalu mengalami kenaikan. Contohnya pada tahun 2004 Jumlah produksi lele mencapai 51.271 ton. dan seiring setiap tahunnya terus mengalami kenaikan hingga pada tahun 2008 jumlah produksi budidaya lele mencapai 108.200 ton.

Dan seiring waktu ternak lele ini merupakan Usaha Salah Satu Usaha yang menjanjikan, dimana setiap tahunnya jumlah produksi selalu mengalami kenaikan pada setiap tahunnya. Bagi anda yang benar-benar serius ingin menjalani Budidaya Ternak Lele Untuk Pemula Silahkan simak berikut ini penjelasan cara budidaya ternak lele.

Panduan Lengkap Cara Ternak Lele Bagi Pemula


Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Ikan Lele


Disini saya telah merangkum ada enam cara yang harus anda siapakan dan anda lakukan apabila anda benar-benar ingin membuka usaha budidaya ternak ikan lele. Silahkan anda simak dibawah ini dengan baik supaya mudah dimengerti penjelasan yang saya tulis ini.

1. Menyiapkan Tempat Kolam Budidaya Ternak Ikan Lele


Hal yang pertama dan paling wajib adalah tersedianya tempat atau kolam ternak, jika tidak ada ini ya mau bagaimana ternak lelenya apabila tidak memiliki sebuah kolam? Untuk kolam ikan lele sendiri terdapat berbagai macam tipe kolam yang bia anda gunakan untuk tempat budidaya ikan lele. Tipe kolam yang bisa anda gunakan untuk ternak lele adalah kolam semen, kolam tanah, kolam terpal, keramba ataupun jaring apung.

Pada umumnya tipe kolam ternak lele yang paling banyak digunakan adalah kolam tanah, direkan lebih irit dan tidak perlu menambah banyak pengeluaran lainnya. Sebelum langsung digunakan ada beberapa tahapan yang anda harus lakukan sebelum memasukkan ikan ke dalam kolam bertipe kolam tanah, berikut silahkan disimak:

Kolam ikan wajib dikeringkan terlebih dahulu sebelum ikan dimasukkan ke dalam kolam ikan lele, anda bisa mengeringkan kolam ikan selama 4-7 hari, ini berfungsi untuk menghilangkan mikroorganisme jahat yang ada didalam kolam, jika ini tidak diatas bisa mengakibatkan bibit ikan lele anda terserang oleh mikroorganisme jahat. Setelah melakukan pengeringan anda dapat mencangkuli permukaan tanah yang kering.

Tujuan mencangkuli permukaan tanah yang kering adalah supaya tanah bisa memperbaiki lagi keseuburannya dari gas beracun yang ada ditanah. Setelah itu jangan lupa juga berikan pupuk pada kolam supaya memberikan nutrisi bagi biota-biota yang ada di dalam air hal ini bisa membuat ikan lele anda akan lebih sehat dan bertumbuhan lele akan semakin cepat. 

Setelah itu semua sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah mengatur tingkat air kolam, untuk ketinggian air kolam yang cukup ideal dalam membudidaya ternak ikan lele adalah kisaran 100-130 cm. Perlu diperhatikan juga setelah pemberian pupuk pada kolam anda tambahkan air kisaran 30-40 cm dan biarkan selama 5-7 hari. Ini berfungsi supaya biota didalam air dapat tumbuh dengan baik.

Setelah menunggu kisaran seminggu baru anda bisa menebarkan bibit ikan lele anda didalam kolam yang sudah anda persiapkan dengan baik. jangan lupa juga setiap pertumbuhan ikan lele selalu untuk menambah air kolam secara berkala sampai pada ketinggian yang sudah dieal.

2. Memilih Bibit Benih Ikan Lele


Pemilihan bibit benih ikan lele adalah salah satu tingkat kesuksesan dalam membudidaya ternak ikan lele, mengapa begitu? Dikarenakan kesuksesan ternak lele juga ditentukan dengan kualitas bibit yang diterbar. Di benua asia tenggara sendiri ada kisaran 20 jenis ikan lele yang tersebar. Untuk jenis lele yang biasanya banyak diternak adalah jenis ikan lele Sangkuriang.

Ikan Lele Sangkuring banyak dipilih oleh orang-orang dikarenakan memiliki kualitas lele yang baik. Ikan lele sangkuriang sendiri adalah ikan lele hasil perbaikan dari lele jenis dumbo. Untuk mendapatkan benih ikan lele anda dapat mendapatkanya dengan membeli langsung dari penjual atau juga bisa melakukan pembenihan secara sendiri. Untuk itu silahkan anda pilih sendiri.

3. Memilih Pakan Makanan Ikan Lele


Makanan adalah salah satu penentu hasil apakah lele yang kita rawat akan sehat atau tidak. Untuk pakan ikan lele sendiri memiliki banyak jenis pakan yang ada dipasaran. Untuk pakan ikan lele yang terbaik adalah FCR (Food Convertion Ratio). Pakan ikan lele bisa dibilang salah satu komponen pengeluaran biaya yang terbesar dalam membudidayak ikan lele.

Untuk mendapatkan hasil lele dengan kualitas yang baik, anda juga jangan lupa untuk memberikan ikan lele anda dengan pemberikan pakan secara seimbang. Dan jangan lupa jangan hanya memberikan pakan utama saja tetapi juga selalu berikan tambahan makanan lainnya.

4. Mengelolah Keadaan Air Kolam


Air kolam adalah salah satu komponen yang penting dalam budidaya ikan lel.Untuk dapat menghasilkan hasil yang baik dan maksimal perlu juga untuk selalu mengatur kualitas air kolam dan tidak hanya kualitas air saja tetapi kuantitas air juga harus selalu tetap dijaga.

Pada saat pemberikan makanan anda juga harus memperhatikan apakah terdapat makanan sisa didalam kolam atau tidak, apabila terdapat makanan sisa didalam kolam dan anda membiarkannya saja itu dapat menyebabkan bisa timbulnya bau yang kurang baik untuk air.

Apabila sisa pakan tersebut sudah mulai membau busuk segara anda buar air seperlunya saja. Lebih baik perlakukan air kolam secara baik supaya kualitas air dapat terus membaik dan membuat ikan akan terhindar dari mikroorganisme jahat.

5. Masalah Hama dan penyakit Ternak Ikan Lele


Hama dan penyakit ini adalah komponen yang tidak mau didapatkan oleh orang-orang dalam membudidaya ikan lelet, tidak itu saja anda sendiri pasti tidak ingin terserang penyakit, bukan? Sama halnya dalam budidaya ikan lele, untuk mencegah timbulnya penyakit yang dapat menyerang ikan lele adalah dengan selalu menjaga kualitas air kolam, selalu mengontrol pemberian pakan ikan, dan suhu kolam.

Apabila hal diatas dilakukan dengan benar dalam pengontrolannya, maka virus atau bakteri tidak akan menyerang ikan lele anda, dan ikan lele anda akan membaik dan tumbuh secara bertahap tanpa adanya gangguan yang menghambat pertumbuhan ikan lele anda.

6. Cara Panen Ikan Lele


Setelah melalui proses yang begitu panjang, smapailah pada proses yang paling sangat ditunggu-tunggu yaitu Proses Panen ikan lele. Ikan lele bisa anda panen apabila telah mencapai ukuran 10-12 per ekor. Setelah melakukan panen ikan lele jangan lupa untuk disortir ikan lelenya, fungsinya adalah untuk memisahkan lele berdasarkan ukuran.

Memangnya perlu melakukan pemisahan ukuran ikan lele? Pemisahan ikan lele akan sangat berdampak pada harga jual ikan lele yang berdasarkan pada ukuran ikannya, maka dari itu perlu adanya pemisahan ikan lele berdasarkan ukuran masing-masing. Semakin besar ikan lele yang dihasilkan maka makin besar juga harga jual lele tersebut.

Itulah artkel singkat mengenai cara berternak ikan lele untuk pemula, langkah diatas dapat anda lakukan walaupun anda belum pernah sama sekali beternak ikan lele, intinya jangan takut untuk mencoba. Masalah hasil itu nanti dulu yang terpenting adalah berani untuk mencoba.

Biklah semoag artikel kali ini bermanfaat buat anda yang baru atau sudah lama memulai usaha budiaya ternak ikan lele, jangan lupa untuk selalu memerhatikan ternak kalian supaya hasilnya tidak buruk, jika anda ingin membaca seputar ternaik lele anda bisa pantau terus di imamkunblog.com atau di alamtani.com.

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses!!
Show comments
Hide comments

0 Response to "Kata Siapa Ternak Lele itu Susah? Begini Cara Ternak Lele Untuk Pemula"

Post a Comment

Berkomentar dengan Baik dan Jangan Buat Spam
1. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×